MANFAAT DAGING RAJUNGAN

Manfaat Daging Rajungan
=======================







Portunas pelagicus merupakan nama latin dari rajungan. Rajungan merupakan jenis kepiting yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel memang sudah dikenal banyak orang. Bahkan daging rajungan sendiri sudah menjadi sumber pangan yang memiliki harga yang relatif mahal. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa rajungan memiliki lebih dari 1400 jenis yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika Anda penggemar daging rajungan pastinya sudah mengetahui bahwa daging yang satu ini memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Dalam daging ranjungan sendiri terdiri dari tiga jenis daging, yaitu daging super bagian bawah, daging reguler bagian sekat rongga berupa serpihan-serpihan dan daging merah yang berada di capit dan kaki.

Untuk masalah makan daging rajungan mungkin memang tidak mudah, akan tetapi kandungan gizi di dalamnya yang akan membuat Anda akan ketagihan makan. Apalagi ditambah dengan rasa gurih dan nikmat setelah dimasak, akan membuat Anda tidak berhenti untuk mengunyah. Kandungan gizi yang terdapat dalam daging rajungan sendiri antara lain:

    Protein
    Rajungan memang memiliki kadar protein yang sangat tinggi. Akan tetapi, kadar tersebut bisa sedikit berkurang setelah mengalami proses pengukusan. Dalam proses pengukusan memang akan menimbulkan keluarnya air yang banyak pada daging rajungan. Protein bisa mencapai 66,63% dalam daging. Hal ini yang menyebabkan anak-anak sering diharuskan untuk mengkonsumsi makanan laut.
    Karbohidrat
    Untuk mencegah terjadinya pemecahan protein maka karbohidrat memiliki kadar yang lumayan banyak pada daging rajungan. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia. Dalam daging rajungan sendiri terdapat hampir 26,62% karbohidrat. Ini lebih dari cukup untuk mengkonsumsi satu daging rajungan utuh.
    Lemak
    Lemak meupakan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. rajungan sendiri memiliki kandungan lemak sebesar 0,84%. Masih bisa mengalami penurunan jika sudah melalui proses pengolahan.
    Asam Amino
    Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa terdapat 9 asam amino esensial pada daging rajungan. Yakni tirosin, metionin, lisis, treonin, isoleusin, arginin, valin, fenilalanin, dan leusin.





Sebenarnya masih banyak lagi kandungan gizi yang terdapat dalam daging rajungan. Dengan kandungan yang begitu lengkap, tidak heran kalau banyak manfaat dan khasiat daging rajungan, yaitu:
1. Mencerdaskan Otak

Anak-anak memang sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan laut. Karena memang mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk mencerdaskan otak. Daging rajungan juga terdapat kadar asam lemak omega 3 yang berpengaruh bagi anak-anak.
2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak perlu khawatir terserang penyakit, karena dalam daging rajungan terdapat mineral selenium, asam lemak omega 3 dan kandungan protein yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai bakteri dan virus.
3. Mencegah Penyakit Jantung

Omega 3 memang memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. salah satunya mencegah penyakit kadiovaskular (jantung). Mencegah adanya kerusakan sel dan menghambat radikal bebas penyebab serangan jantung.
4. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan protein, omega 3 dan mineral Zinc memang perpaduan yang sangat lengkap untuk melindungi virus maupun bakteri yang akan menyerang tubuh. adanya mineral selenium juga membantu untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.
5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat daging rajungan berikutnya adalah memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Adanya zat besi sangat membantu untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan mencapai seluruh bagian tubuh.
6. Membantu Progam Diet

Rajungan memiliki kandungan kadar lemak jenuh yang relativ rendah. Jadi, bagi Anda yang sedang melakukan progam diet salah satu khasiat daging rajungan membantu untuk penurunan berat badan.
7. Mencegah Penyakit Prostat

Kandungan mineral Zinc juga menghambat pembesaran prostat yang terdapat dalam tubuh.
8. Mencegah Osteoporosis

Masalah tulang memang sangat sering dialami baik itu yang masih muda maupun tua. Osteoporosis (pengeroposan tulang) dapat dicegah dengan mengkonsumsi rajungan. Kandungan mineral Copper berfungsi untuk membentuk sel-sel syaraf dan tulang.
9. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Adanya mineral copper, vitamin B12 dan mineral Zinc memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk sel-sel darah merah yang terdapat dalam tubuh. hal ini menyebabkan Anda akan terhindar dari anemia (kurang darah).
10. Merawat kulit dan rambut

Protein dalam rajungan juga sangat bermanfaat untuk menjaga rambut dan kulit tetap sehat.

Komentar